Visi-Tujuan Strategi

Visi-Tujuan Strategi

VISI KEILMUAN PRODI

Mengembangkan ilmu Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan memiliki kemampuan pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, dan kreatif yang mengintegrasikan keislaman, ilmu pengetahuan dan teknologi menuju program studi unggul pada tahun 2028

TUJUAN PRODI

a. Membentuk calon pendidik (Guru Kelas/Instruktur) pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan kemampuan pedagogik, sosial, kepribadian, profesional, dan kreatif yang mengintegrasikan keislaman, ilmu pengetahuan dan teknologi menuju kampus mandiri.

b.  Membentuk asisten peneliti dengan kemampuan riset dan publikasi ilmiah pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan kemampuan pedagogik, sosial, kepribadian, profesional, dan kreatif yang mengintegrasikan keislaman, ilmu pengetahuan dan teknologi menuju kampus mandiri.

c. Menciptakan pengembang bahan ajar pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan kemampuan pedagogik, sosial, kepribadian, profesional, dan kreatif yang mengintegrasikan keislaman, ilmu pengetahuan dan teknologi menuju kampus mandiri.


STRATEGI PRODI

a. Menghasilkan Pendidik Bidang Islam Anak Usia Dini

1)  Membekali mahasiswa dengan mata kuliah yang terintegrasi dengan Ilmu dan Nilai Islam

2)  Melaksanakan metode pembelajaran aktif

3)  Melaksanakan pendidikan multidisiplin: menggabungkan aspek pedagogik modern dengan pendekatan islam untuk melahirkan pendidik yang holistik.

4)  Magang di lembaga pendidikan islam: mahasiswa wajib mengikuti program magang di TPA, RA, atau PAUD berbasis Islam untuk memahami tantangan di lapangan.

5)  Melaksanakan media pembelajaran interaktif berbasis tekhnologi

 

b. Menghasilkan Asisten Peneliti Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

1)  Mengadakan workshop intensif tentang desain penelitian, teknik pengumpulan data, analisis data, dan penulisan artikel ilmiah.

2)  Mahasiswa bersama dosen melakukan penelitian bersama untuk mengasah berpikir kritis kreatif juga inovatif dan kolaboratif dalam menjalin kerjasama dengan dosen

3)  Melaksanakan publikasi hasil penelitian bersama dosen.

 

c. Menghasilkan Pengembang Bahan Ajar pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini

1)  Kurikulum berbasis pengembangan bahan ajar

2)  Penguatan kompetensi pengembangan bahan ajar

3)  Praktik langsung dalam pengembangan bahan ajar

4)  Menjalin kerjasama dengan mitra pendidikan

5)  Pembentukan komunitas pengembang bahan ajar