VISI KEILMUAN PRODI
a. Membentuk calon pendidik (Guru
Kelas/Instruktur) pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan
kemampuan pedagogik, sosial, kepribadian, profesional, dan kreatif yang
mengintegrasikan keislaman, ilmu pengetahuan dan teknologi menuju kampus
mandiri.
b. Membentuk asisten peneliti dengan
kemampuan riset dan publikasi ilmiah pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) dengan kemampuan pedagogik, sosial, kepribadian, profesional, dan
kreatif yang mengintegrasikan keislaman, ilmu pengetahuan dan teknologi menuju
kampus mandiri.
c. Menciptakan pengembang bahan ajar pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan kemampuan pedagogik, sosial, kepribadian, profesional, dan kreatif yang mengintegrasikan keislaman, ilmu pengetahuan dan teknologi menuju kampus mandiri.
STRATEGI PRODI
a. Menghasilkan Pendidik Bidang Islam Anak Usia Dini
1) Membekali mahasiswa dengan mata kuliah yang terintegrasi dengan Ilmu dan Nilai Islam
2) Melaksanakan metode
pembelajaran aktif
3) Melaksanakan pendidikan multidisiplin: menggabungkan aspek
pedagogik modern dengan pendekatan islam untuk melahirkan
pendidik yang holistik.
4) Magang di lembaga pendidikan islam:
mahasiswa wajib mengikuti program magang di TPA, RA, atau PAUD berbasis Islam
untuk memahami tantangan di lapangan.
5) Melaksanakan media pembelajaran interaktif berbasis tekhnologi
b. Menghasilkan Asisten Peneliti Bidang Pendidikan
Anak Usia Dini
1) Mengadakan workshop intensif tentang desain penelitian, teknik pengumpulan
data, analisis data, dan penulisan artikel ilmiah.
2) Mahasiswa bersama
dosen melakukan penelitian bersama untuk mengasah berpikir kritis kreatif juga inovatif dan kolaboratif dalam menjalin kerjasama dengan dosen
3) Melaksanakan publikasi hasil penelitian bersama
dosen.
c. Menghasilkan Pengembang Bahan Ajar pada Jenjang
Pendidikan Anak Usia Dini
1) Kurikulum berbasis pengembangan bahan ajar
2) Penguatan kompetensi pengembangan bahan ajar
3) Praktik langsung dalam pengembangan bahan ajar
4) Menjalin kerjasama dengan mitra
pendidikan
5) Pembentukan komunitas pengembang bahan ajar